Beranda Pendiri
Profil Sistem Pendidikan Fasilitas Galeri Photo Informasi Buku tamu Kontak Peta Situs

 

25 Do'a
dari
Al Qur'an
 
Kitab Kajian Islam
 
 
:: Mutiara
Al Qur'an
"Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kalian"
(QS. Al-Mujadalah: 11)

Al Hadits
Tinggalkanlah apa-apa yang meragukan kamu, kerjakanlah apa yang tidak meragukan kamu
(Turmizi – Nasa’i)

 
 
KITAB KAJIAN ISLAM
  • Kitab Hadits

    • Riyadlus Shalihin

      Kitab Riyadlus Shalihin merupakan salah satu karya Imam Nawi (bukan Syekh Nawawi Al-Bantani) yang mempunyai nama asli : Al-Imam Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syaraf An-Nawawi.

      Riyadlus Shalihin berarti : Taman orang-orang Shalih. Kitab ini memuat kumpulan Hadits Nabi Muhammad saw. Ketebalannya setebal mushaf Al-Qur’an. Harga di toko berkisar antara 30 - 40 ribu Rupiahan.
      Kitab ini telah dikaji di hampir seluruh pondok pesantren - termasuk Pesantren Al-Hamidiyah, Depok, Jawa Barat - baik di luar negeri maupun di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah penganut Mazhab Imam Syafi’i.
      Kini banyak komunitas pengajian elit/gedongan juga mengkajinya. Bahkan ada komunitas Jakarta yang mengharuskan anggotanya membaca, mempelajari dan mengamalkannya.

      Riyadlus shalihin memuat hadits-hadit tentang pembinaan mental dan moral. Dimulai dari ayat dan hadits tentang Ikhlas. Apa itu ikhlas dan bagaimana mendasari perbuatan manusia dengan ikhlas. Dimuat pertama-tama hadits : Innamal a’malu bin-niat : Sesungguhnya perbuatan manusia akan dibalas oleh Allah swt. tergantung niatnya.

      Pada bab dua membahas tentang Taubat. Apa itu taubat dan bagaimana cara bertaubat. Ini menuntun manusia agar mau bertaubat dan bisa melaksanakan pertaubatan. Syarat-syarat bertaubat ada tiga : 1. Menghentikan perbuatan maksiatnya. 2. menyesali atas perbuatan maksiatnya. 3. berjanji tidak akan mengulanginya. Dan jika perbuatan maksiat ada kaitannya dengan sesama manusia, maka ia harus terlebih dulu minta ma’af kepadanya atau mengembalikan benda yang dicurinya. Pelajaran pada bab ini diawali dengan contoh bacaan Istighfar dari Rasulullah saw.

      Bab berikutnya (ketiga) membahas tentang Sabar. Sabar dalam menghadapi tuntutan ibadah, atau sabar dalam ta’at kepada Allah. Sabar menjauhi maksiat, dan sabar menanggung ujian dan cobaan yang datang dari Allah swt. Hadits yang ditampilkan di antaranya :

      Perbuatan orang mukmin itu semuanya mengagumkan. Sebab jika memperoleh nikmat kesenangan ia bersukur, dan jika mendapat musibah dia bersabar.

      Dan hadits-hadits targhib yang menunjukkan faedah bersabar.

      Dan masih banyak lagi hadits-hadits yang menuntun para pembacanya ke arah moralitas yang lebih baik. Mengajarkan bagaimana ibadah yang khusyu’, yang banyak pahala, dan yang disuka oleh Allah dan Rasul-Nya. Serta bagaimana Rasulullah saw. berbuat dengan moral yang baik dan santun yang bisa ditiru oleh umatnya. Kemudian ditutup dengan cara-cara membaca Al-Qur’an dan adab cara berdoa yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw.

      Kitab Riyadlus shalihin sudah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa non Arab, termasuk bahasa Indonesia . Di samping itu juga sudah banyak Ulama’ yang menulis kitab syarahnya (penjelasan) yang panjang lebar. Di antaranya adalah kitab Dalilul Falihin, yang juga banyak di baca kalangan Habaib/Ulama Jakarta. Wallahu a’lam bis shawab.
      (A.Mahfudz Anwar).

    - 1 -

 

© 2005, Pesantren Al-Hamidiyah - All right reserved